Anti-virus gratisan terbaik untuk Windows

Anti-virus gratisan terbaik untuk Windows

Anti-virus gratisan terbaik untuk Windows

Ditulis oleh : Maret 20, 2015
7 Anti-virus gratisan terbaik - Virus, siapa sih yang tidak kenal dengan mahluk satu ini ? Ya, mau virus biologis maupun virus komputer, keduanya adalah hal yang sangat menyebalkan bagi kita. Jika dalam dunia medis virus dibasmi dengan antibiotik, dalam dunia komputer kita mengenalnya dengan sebutan anti-virus. Nah, pertanyaannya, Anti-virus apa yang baik bagi perangkat PC kita ? 


Semakin hari, semkin banyak antivirus yang terus dikembangkan oleh developer lokal maupun internasional. Kita mungkin sudah lama mengenal Avira, AVG, maupun Avast yang memang sudah lama malang melintang. Namun, manakah yang lebih baik diantara mereka ? tidak mungkin kan jika kita harus menginstall kedua ataupun ketiganya sekaligus ?

Nah, disini saya akan mencoba mereview dan mengulas tentang beberapa antivirus gratis yang cocok untuk gadget kita. Namanya aja gratis, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itulah saya akan mencoba membantu menentukan pilihan anda.

Update 2015

1. AVG Free Antivirus
Tidak ada seorang pun yang meragukan keampuhan anti-virus satu ini dalam memerangi virus-virus. Mulai dari shortcut, rootkit, trojan, hingga worm dapat dibasmi dengan AVG. Sehingga windows kita akan terus terlindungi dengan aman. Tidak hanya itu, AVG juga mampu memperbaiki file-file yang rusak yang sebelumnya telah diinfeksi oleh virus. Antivirus satu ini memiliki tampilan yang simple dan elegan.
Compability : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10
Official Page | Download (Online Installer) | Download (Offline Installer)
2. Avast Free Antivirus
(tampilan avast! antivirus 2015)
Anti-virus satu ini boleh dibilang yang paling memiliki fitur terlengkap diantara antivirus gratisan lainnya. Selain ampuh dalam membasmi virus-virus seperti virus shortcut, trojan, virus my-picture, dll tanpa harus menghapus file aslinya. Avast! memiliki fitur-fitur yang menarik yang bisa dinikmati dalam versi gratisnya. Disamping itu, avast juga tidak terlalu memakan banyak RAM, sehingga cocok sekali untuk low-end-specification computer.
Compability : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10
Official Page | Download (Online Installer) | Download (Offline Installer)
3. Bit Defender Antivirus 
(tampilan BitDefender Free antivirus 2015)
Antivirus satu ini disebut sebut sebagai antivirus nomer 1 di dunia. Sudah banyak sertifikat dan penghargaan yang diraih oleh antivirus ini. Konsistensinya dari tahun ke tahun memang tidak pernah berubah. Namun dalam versi gratisannya tentu saja sangat berbeda. Hanya dengan dibekali fitur real-protection saja, Antivirus ini memang agak kurang. Namun soal pendeteksian virus, jangan pernah meragukan antivirus satu ini. Desainnya yang unik, simple, dan user-friendly sangat cocok bagi anda yang gak mau ribet ataupun orang awam di dunia komputer karena tidak perlu settingan khusus dalam anti-virus ini.
Compability : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1
Official Page | Download (Online Installer) | Download (Offline Installer)
4. Avira Free Antivirus
(tampilan Avira Free Antivirus 2015)
Anti-virus buatan jerman satu ini sudah sangat berpengalaman dalam membasmi virus-virus PC. Bukan hanya anti-virus, Avira juga dilengkapi dengan anti-malware yang akan melindungi anda dari program maupun file-file yang terinfeksi virus. Dalam keadaan online, virus yang tidak dikenal oleh avira akan dikirim ke server untuk dikenali apakah virus ini berbahaya atau tidak. Dengan tampilan yang simple, avira menawarkan perlindungan yang lengkap untuk windows kita.
Compability : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1
Official Page Download (Online Installer) | Download (Offline Installer) 
5. Microsoft Security Essentials
(tampilan Microsoft Security Essentials)
Tidak ada yang lebih mengetahui isi windows kita melebihi penciptanya sendiri. Ya, Microsoft juga memiliki antivirus sendiri yang memang diperuntukkan khusus untuk windows. Micorosoft Security Essentials memang dirancang khusus untuk melawan virus-virus yang biasanya menyerang operasi sistem windows. Anti-virus ini bisa dibilang selangkah lebih baik daripada Windows Defender yang telah lebih dahulu dirilis oleh pihak microsoft. Dengan adanya anti-virus ini kita tidak akan dicemaskan oleh masalah-masalah PC yang disebabkan oleh virus. Bahkan, dalam versi terbarunya antivirus ini telah digandeng dengan windows 8/8.1. Sehingga akan membuat anda akan merasa nyaman dari gangguan virus.
Compability : Windows XP, Windows Vista, Windows 7
Official Page | Download (Offline Installer)
6. Baidu Antivirus
Baidu antivirus menawarkan perlindungan lengkap terhadap virus dengan gratis, bahkan gratis selamanya. Semua fitur yang ada dalam antivirus ini adalah freeware. Jadi tak heran, banyak orang yang memilih antivirus ini. Selain database virus yang cukup banyak, Baidu juga mulai dapat bersaing dengan antivirus besar lainnya seperti Avast, Avira, maupun AVG. Real-time protectionnya diintegrasikan dengan Avira-engine yang membuat pendeteksian dan pembasmian virus semakin hebat. Sangat cocok bagi anda yang jarang terkoneksi internet. 
Compability: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1
Official Page | Download (Online Installer)
7. Kompas Free Antivirus
Antivirus lokal saat ini mulai digemari oleh pengguna PC di Indonesia. Dengan database virus yang lebih banyak dibanding antivirus lokal lainnya, antivirus ini menjadi alternatif antivirus pada windows kita. Kompas dirancang untuk menangani antivirus lokal seperti shortcut, ramnit, sality, mypicture, maupun rootkit. Tidak hanya sekedar mendeteksi, antivirus ini juga ampuh menmbasmi virus-virus yang membahayakan windows kita.
Compability : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1
Official Page | Download (Offline Installer)
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih